VIRALNEWS.ID - Endurance Race (balap ketahanan) memang penuh drama dan sangat tricky. Dalam 6 jam secara nonstop, mobil pembalap tidak hanya dipacu sekencang mungkin. Namun penerapan strategi tim lebih penting di sini.
Terutama strategi ketika masuk pit stop untuk mengganti ban, isi bahan bakar, pengecekan engine hingga pergantian pembalap.
Pemandangan itu, terjadi pada RAAT Endurance 6H (balap ketahanan 6 jam) di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, Minggu (21/4/2024).
Lalu, apalagi yang menarik dari RAAT Endurance 6H ini? Tentu strategi terkait ban. Pasalnya, ban menjadi salah satu faktor penting sukses sebuah tim. Dan, GT Radial menjadi single supplier tire di salah satu event balap ketahanan bergengsi di Asia ini.
"GT Radial Champiro SX-R membuktikan keandalan dan kekuatannya pada balap ketahanan RAAT Endurance 6H ini. Di beberapa kelas yang dilombakan, dengan menggunakan Champiro SX-R ukuran 195/50 R15, rata-rata penggantian ban baru saat balapan hampir 4 jam," ujar Bayu Putra Kesuma dari Team Marketing GT Radial Indonesia.
Namun, lanjut Bayu Putra, ada juga yang menggunakan ban bekas kualifikasi dan mampu digunakan 2,5 hingga 3 jam. Dan lagi-lagi, ini semua tergantung strategi masing-masing team.
"Catatan waktu terbaik oleh tim B-Quick Racing (kelas ECO) dengan 2.13.804. Sedangkan 2.17.042 untuk kelas NZ Lady, yang dimenangkan Ayumi Racing Team dengan 2.17.042," ujar Bayu Putra yang datang ke RAAT Endurance 6H bersama team GT Radial Indonesia terdiri-dari Seiichiro Iwafune, Widi Yansen (RnD) serta Rahmad Hidayat (Sales Export).
Pada kelas OMR Altis yang menggunakan GTRADIAL Champiro SX-R 215/45 R17, best time kembali diraih B-Quick dengan 2.08.884 menit.
Sementara tim pabrikan dan favorit yakni Toyota Gazoo Racing Thailand sukses menjuarai kelas Overall, Compact dan Touring. Namun TGR Thailand menggunakan ban Giti GTR Slick Tire (sesuai regulasi balap) yang satu group dengan GTRadial.
Dan pada kelas NZ lady yabg berada di posisi 2 menggunakan SX-R Rim 15.
Selain itu, ada juga kelas khusus yang ukuran R17, rata-rata pembalap melakukan penggantian ban per 2-3 jam. "Lagi-lagi, tergantung strategi team. Sedikit lebih cepat penggantiannya (ban), karena yang R17 treadwear (ukuran tapak) hanya 140, ketebalan ban sekitar 5.0 mm," Seiichiro Iwafune dari RnD GT Radial Indonesia.
Sedangkan mobil yang menggunakan R15, diamati bisa lebih lama durasi pemakaiannya dengan treadwear 200, ketebalan ban 6.3 mm. Sedangkan total lap team dan pembalap bisa mencapai 170 lap di lintasan sepanjang 4,554 km Chang International Circuit, Buriram, Thailand.
Yang jelas, menurut Iwafune-san, banyak pengalaman serta data yang berhasil dikumpulkan untuk pengembangan GT Radial, khususnya untuk pemakaian di balap ketahanan. (**)