Berbagai perubahan yang ada pada Yamaha Aerox Alpha berhasil memicu rasa penasaran masyarakat Indonesia untuk bisa mendapatkan pengalaman berkendara menggunakan skutik premium tersebut. Untuk menjawab hal tersebut, Yamaha mengadakan kegiatan Aerox Alpha Track Day pada tanggal 15-16 Januari 2025 bersama para rekan media, blogger dan vlogger.
Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini memberikan kesempatan kepada para awak media untuk bebas menjajal fitur-fitur unggulan Aerox Alpha, mulai dari tipe Standard, Cybercity, Aerox Alpha Turbo, hingga tipe tertingginya yaitu Turbo Ultimate yang memiliki tambahan berupa performance damper, special visor, dan special muffler cover.
“Kegiatan ini mengajak lebih dari 80 rekan media, blogger dan vlogger untuk bisa mengeksplorasi lebih maksimal lagi keunggulan yang dimiliki oleh Aerox Alpha pada lintasan sirkuit. Antusiasme peserta sangat tinggi dalam membuktikan langsung upgrade yang ada pada Aerox Alpha,” ujar Rifki Maulana, Manager Public Relation, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Manufactruing (YIMM).
Salah satu peningkatan yang menjadi poin untuk diulas, yaitu Aerox Alpha sudah menggunakan mesin berteknologi YECVT sehingga para pengendara dapat merasakan sensasi turbo saat berkendara dan memiliki 2 pilihan opsi berkendara yaitu T-Mode untuk di perkotaan dan S-Mode jika ingin lebih responsif dan agresif.
Melalui fitur Y-Shift, Aerox Alpha mampu melakukan akselerasi dan deselerasi secara lebih cepat. Untuk melakukan deselerasi pada motor Aerox Alpha ini juga didukung dengan sistem pengereman yang sudah diperbaharui dengan menggunakan rem cakram pada kedua roda (double disc brake).
Sensasi yang diberikan melalui teknologi YECVT dan sistem pengereman yang lebih efektif menjadi salah satu impresi yang dirasakan para peserta saat mengendarai langsung Aerox Alpha Turbo Ultimate.
“Teknologi YECVT yang digunakan Aerox Alpha mampu meningkatkan performa motor ini secara signifikan karena akselerasi dan deselerasinya jadi lebih instant. Selain berkat sistem pengereman yang sudah double disc brake, sistem engine brake pada motor ini juga sangat membantu kita saat sebelum tikungan karena kecepatan motor dapat menurun secara cepat hanya dengan menekan tombol Y-Shift," jelas Iwan Banaran dari vlogger IWB.
"Apalagi saat di tikungan, handling dan stabilitas motornya sangat baik karena varian ini sudah mendapatkan performance damper yang membuat motor jadi lebih rigid. Sensasi tersebut juga dapat dirasakan berkat adanya peningkatan pada beberapa bagian lainnya di motor Aerox Alpha ini,” imbuh Iwan Banaran, vlogger peserta yang jajal Aerox Alpha Turbo Ultimate selama beberapa putaran.
Skutik andalan dengan konsep Super Sport Scooter ini juga mendapatkan sentuhan baru pada suspensi depan khususnya bagian inner tubenya yang lebih besar, dari 26mm menjadi 30mm dan didukung juga oleh tabung peredam (sub-tank) yang sudah terpasang di kedua suspensi. Rangka center tunnel lebih tebal dari 11.7mm menjadi 20.5mm.
Selain dari segi teknologi dan performa motor yang berkesan bagi para rekan media, motor yang mengadopsi DNA R-Series ini juga menuai impresi positif karena terdapat perubahan signifikan pada bagian layar TFT Infotainment Displaynya, yang mana memiliki tampilan yang mirip dengan motor Yamaha R-Series. (Maston/Foto: YIMM)