VIRALNEWS - Di tengah persaingan pasar yang semakin ketat, Suzuki terus berupaya menghadirkan produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan dengan harga kompetitif.
Usaha ini membuahkan hasil dengan peningkatan penjualan sebesar 22% pada Mei 2024, yang mencerminkan kepercayaan pelanggan terhadap produk unggulan dan layanan Suzuki Indonesia.
Pencapaian ini didukung oleh meningkatnya popularitas New XL7 Hybrid, All New Ertiga, dan Baleno di kategori mobil penumpang. Secara khusus, penjualan model hybrid mendominasi sebesar 35% dari total penjualan passenger Suzuki di periode yang sama.
Selain kendaraan penumpang, kendaraan komersial juga memberikan kontribusi positif sebesar 52% dari penjualan Suzuki secara keseluruhan.
Menurut Randy R. Murdoko, Kepala Departemen Penjualan 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), persaingan pasar yang sehat dan kompetitif memacu Suzuki Indonesia untuk menyesuaikan strategi penjualan dengan kebutuhan pelanggan.
"Kami bangga dengan peningkatan penjualan bulan Mei 2024. Pasar otomotif kini semakin menarik. Dengan semakin banyaknya pemain di industri ini, Suzuki Indonesia semakin tertantang untuk menyesuaikan strategi penjualan dan pelayanan agar dapat terus menjaga kepuasan maksimal pelanggan setia kami," ujar Randy.
Dilihat per model yang terjual, New XL7 memimpin penjualan mobil penumpang dengan peningkatan sebesar 28% dibandingkan bulan sebelumnya, dengan komposisi yang didominasi oleh New XL7 Hybrid sebesar 61%.
Di kategori SUV medium 3 baris, XL7 mengalami peningkatan pangsa pasar sebesar 6%. All New Ertiga masih menjadi primadona, dengan penjualan didominasi oleh varian hybrid sebesar 70% dari total penjualan All New Ertiga.
Kendaraan hybrid telah menunjukkan eksistensinya dengan mendominasi sebesar 43% dari total penjualan kendaraan penumpang Suzuki Indonesia.
Setelah All New Ertiga, kontributor ketiga adalah Baleno yang mencatat peningkatan sebesar 57% dibandingkan penjualan bulan sebelumnya, serta memimpin pangsa pasar tertinggi sebesar 65% di kategori sedan hatchback Indonesia pada bulan Mei 2024.
Kendaraan penumpang lain yang menarik perhatian masyarakat adalah Grand Vitara, yang mengalami peningkatan penjualan bulanan sebesar 80% dibandingkan bulan sebelumnya. Kedua mobil stylish dan modern dari Suzuki Indonesia ini semakin menarik minat masyarakat perkotaan.
Selain kategori mobil penumpang, mobil komersial juga menunjukkan prestasi cemerlang. Hal ini terbukti dari dominasi penjualan mobil komersial pada bulan Mei 2024, dengan peningkatan penjualan sebesar 26% dibandingkan bulan sebelumnya.
"Melalui pencapaian penjualan bulan Mei 2024, kami sangat berterima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap Suzuki yang terus memilih Suzuki sebagai brand otomotif untuk menunjang mobilitas. Kami juga bangga dapat berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Kami berharap hal positif ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. Untuk itu, Suzuki selalu berusaha untuk terus beradaptasi dan berinovasi baik dalam produk maupun layanan yang kami berikan," tutup Randy.