VIRALNEWS.ID - PT Toyota-Astra Motor (TAM) meraih penghargaan Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Awards (BISRA) 2025 kategori Platinum Champion melalui program unggulan National Kaizen Goes To School (N-KGTS). Penghargaan ini diserahkan pada Selasa (30/9).
Program N-KGTS merupakan inisiatif CSR TAM melalui pilar Toyota Berbagi Ilmu, dengan fokus pada pengembangan soft skills guru dan siswa lewat penerapan budaya kaizen atau continuous improvement di sekolah.
“Anak muda adalah generasi yang akan melanjutkan estafet pembangunan, khususnya menuju Indonesia Emas 2045. Melalui N-KGTS, kami berkontribusi mencetak generasi dengan daya saing global lewat penguatan soft skills yang relevan di industri otomotif maupun sektor lainnya,” ujar President Director TAM, Hiroyuki Ueda.
Program edukasi ini bergulir sejak 2022, melibatkan 85 sekolah di tujuh provinsi. Guru dan siswa terlibat dalam proyek kaizen untuk menumbuhkan karakter DEKKI (Disiplin, Empati, Kritis, Kreatif, Inovatif). Pada fase berikutnya, TAM menggelar kontes komunikasi kaizen hingga sertifikasi Sekolah Ambassador dan Praktisi Kaizen.
Memasuki 2025, program masuk Fase 4 dengan fokus memperkuat budaya kaizen di sekolah. TAM juga menggelar forum diskusi bersama Dinas Pendidikan dan dunia industri, serta memperluas jangkauan ke sekolah mitra Toyota Technical Education Program (T-TEP), seperti SMKN 26 Jakarta dan SMKN 2 Surabaya.
Vice President Director TAM, Henry Tanoto, menegaskan komitmen perusahaan untuk menyeimbangkan perkembangan bisnis dengan kontribusi sosial, lingkungan, dan pendidikan.
“Sejalan semangat Toyota Berbagi, kami mewujudkan tiga pilar CSR: Berbagi Hijau, Berbagi Ilmu, dan Berbagi Selamat, demi membangun Indonesia yang lebih baik,” ujarnya.
Toyota konsisten mendorong keberlanjutan melalui payung besar Toyota Berbagi, dengan keterlibatan langsung karyawan serta kolaborasi bersama pemangku kepentingan.