Mitsubishi Fuso eCanter SensorCollect: Inovasi Truk Listrik Otonom untuk Efisiensi Pengumpulan Sampah

Photo Author
- Rabu, 14 Agustus 2024 | 18:01 WIB
Mitsubishi Fuso eCanter SensorCollect, inovasi truk listrik otonom untuk efisiensi pengumpulan sampah.
Mitsubishi Fuso eCanter SensorCollect, inovasi truk listrik otonom untuk efisiensi pengumpulan sampah.

VIRALNEWS.ID - Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) bersama Kementerian Lingkungan Hidup Jepang baru-baru ini mengadakan eksperimen demonstrasi di jalan umum Kota Kawasaki.

Mereka menguji coba pengambilan sampah menggunakan truk listrik canggih, Fuso eCanter SensorCollect, yang bisa dikendalikan secara otonom.

Fuso eCanter SensorCollect adalah kendaraan konsep yang dilengkapi dengan sistem pelacakan otomatis yang secara mandiri mengikuti rute pengumpulan sampah yang telah ditentukan sebelumnya.

Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pengumpulan sampah dan mengurangi beban kerja pengumpul sampah.

Selain itu, truk ini juga dilengkapi dengan teknologi berbagi informasi sampah. Sistem ini menggunakan sensor untuk mendeteksi berat dan volume kotoran saat dimuat ke dalam kendaraan, kemudian mengirimkan informasi ini ke fasilitas pembuangan melalui internet.

Hal ini memungkinkan optimalisasi operasional di fasilitas pembuangan sampah.

Cara kerja Fuso eCanter SensorCollect melibatkan sensor kamera yang dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan, yang juga berfungsi sebagai kaca spion.

Truk ini secara otomatis mengikuti pengemudi saat mereka berjalan di antara titik pengumpulan sampah dan dapat dioperasikan dari jarak jauh melalui HMI (Human Machine Interface) nirkabel.

Ini dapat mengurangi beban fisik dan waktu kerja pengemudi, serta memungkinkan truk menghindari rintangan atau melakukan pemberhentian darurat jika ada seseorang yang memasuki zona aman di sekitar kendaraan.

Fuso eCanter SensorCollect merupakan truk sampah EV generasi terbaru dengan fitur keselamatan, keramahan lingkungan, dan kemudahan pengoperasian yang ditingkatkan.

MFTBC pertama kali mengembangkan model konsep ini pada tahun 2020 dan telah melakukan penyempurnaan untuk eksperimen demonstrasi ini.

Sistem pelacakan pengemudi otomatis yang digunakan sesuai dengan definisi SAE Level 2 tentang otomatisasi pengemudian.

Truk ini memiliki berat kotor kendaraan (GVW) sebesar 6,4 ton dan dilengkapi dengan satu baterai lithium-ion. Untuk suplai listrik, truk ini mengadopsi sistem modular yang memungkinkan pemasangan satu hingga tiga baterai, dengan daya jelajah yang bervariasi antara 80 km hingga 200 km tergantung pada jumlah baterai yang digunakan.

Mitsubishi Fuso juga telah melengkapi eCanter SensorCollect dengan berbagai fitur keselamatan, seperti rem anti-benturan dan Active Side Guard Assist untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Rangga Viral News

Tags

Rekomendasi

Terkini

AION Perkuat Layanan Purnajual Bebas Khawatir

Rabu, 12 Maret 2025 | 14:16 WIB
X