VIRALNEWS.ID - Berkendara di medan curam membutuhkan teknik dan skil yang mumpuni, apalagi jika dilakukan dengan motor matik.
Mengendarai motor matik di turunan curam membutuhkan teknik pengereman yang benar agar tetap aman dan nyaman.
Untuk itu, ada beberapa tips mengerem motor matik di turunan curam yang perlu Anda tahu.
1. Gunakan Rem Depan dan Belakang Secara Bersamaan
Sama seperti pada motor manual, penggunaan rem depan dan belakang secara bersamaan sangat penting untuk motor matik.
Menurut Motorbike Writer, rem depan memiliki kontribusi pengereman lebih besar, tetapi rem belakang membantu menstabilkan motor.
Menggunakan kedua rem secara bersamaan akan mengurangi risiko roda terkunci dan memastikan pengereman lebih efektif.
2. Hindari Pengereman Mendadak
Pengereman mendadak dapat menyebabkan roda terkunci, terutama pada permukaan jalan yang licin atau tidak rata.
Menurut Motorcycle Cruiser, pengereman harus dilakukan secara bertahap dan terkendali untuk menjaga stabilitas motor. Ini penting untuk menghindari tergelincir atau kehilangan kontrol.
3. Manfaatkan Rem Mesin
Meskipun motor matik tidak memiliki gigi seperti motor manual, Anda masih bisa memanfaatkan efek pengereman mesin dengan cara mengurangi kecepatan sebelum memasuki turunan.
Dilansir dari Cycle World, pengurangan throttle secara perlahan saat menuruni turunan akan membantu memperlambat motor tanpa terlalu bergantung pada rem.
4. Pertahankan Posisi Tubuh yang Benar
Posisi tubuh yang benar sangat penting saat menuruni turunan curam. Menurut Riding in the Zone, Anda harus memindahkan berat tubuh sedikit ke belakang untuk menyeimbangkan motor dan mencegah roda depan terlalu tertekan.
Ini membantu menjaga stabilitas dan kontrol motor selama pengereman.
5. Jaga Jarak dan Kecepatan
Menuruni turunan curam dengan motor matik memerlukan perhatian ekstra terhadap jarak dan kecepatan. Menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan dan menurunkan kecepatan sebelum memasuki turunan adalah hal penting.
Kecepatan yang terlalu tinggi bisa menyulitkan pengereman dan kontrol motor.