Pertumbuhan Pesat Pasar Mobil Bekas di Indonesia Dipicu Generasi Milenial

Photo Author
- Selasa, 23 Juli 2024 | 22:16 WIB
Showroom Carro di Pondok Indah
Showroom Carro di Pondok Indah

VIRALNEWS.ID - Pasar mobil bekas Indonesia mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir, didorong oleh pertumbuhan ekonomi dan kemudahan skema finansial yang ditawarkan oleh perusahaan di bidang keuangan.

Pada tahun 2024, pasar mobil bekas di Indonesia diperkirakan mencapai USD 56,34 miliar, dan diproyeksikan terus meningkat hingga mencapai USD 74,48 miliar di tahun 2028.

Generasi Milenial berada di garda terdepan perubahan ini, dengan semakin banyaknya mereka yang mencari kendaraan yang worth the money.

Berdasarkan data yang dihimpun Carro, Tempat Jual Beli Mobil Bekas Online No. 1 di Asia Pasifik, 64% dari semua penjualan mobil bekas mereka di paruh pertama 2024 melibatkan pelanggan Milenial. Persentase ini diperkirakan akan terus berkembang seiring waktu.

“Dari data penjualan Carro, kami melihat banyak faktor positif yang terus mendorong pasar mobil bekas, seperti peningkatan pendapatan, jumlah keluarga yang semakin banyak, dan juga credit score yang semakin baik,” ujar Bryan Tan, Country Head Carro Indonesia.

“Banyak masyarakat Indonesia yang mencari kendaraan berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau. Dealer mobil terpercaya seperti Carro, yang bisa menyediakan berbagai tipe mobil dengan berbagai harga, telah menjadi pilihan utama bagi banyak orang.”

Meningkatnya minat akan kendaraan yang lebih besar, seperti MPV dan SUV, juga menjadi salah satu pendorong pasar mobil resale, karena banyak Milenial yang mencari kendaraan bermuatan banyak dengan budget yang terbatas.

Berdasarkan data dari Carro, beberapa pilihan mobil yang paling populer bagi kalangan Milenial pada paruh pertama tahun 2024 adalah:

Multipurpose Vehicle (MPV): Dengan persentase penjualan terbesar, 41% generasi Milenial mengincar MPV sebagai mobil bekas mereka. Dilengkapi ruang yang lebih luas dan kegunaan yang fleksibel, MPV sangat cocok digunakan untuk menempuh jarak yang jauh dengan keluarga.

City Car: Kategori mobil ini juga didominasi oleh kaum Milenial dengan penjualan mencapai 35%. Mobil ini cocok untuk pekerja di perkotaan yang padat dan sering mengalami kemacetan.

Sport Utility Vehicle (SUV): 1 dari 4 orang yang membeli mobil SUV adalah Milenial, atau sekitar 22%. Mudah beradaptasi dalam berbagai kondisi, SUV cocok untuk digunakan di jalan perkotaan maupun pada medan berat seperti jalanan berbatu.

“Popularitas dari tipe-tipe mobil ini mencerminkan preferensi Milenial akan kepraktisan, gaya, dan fungsionalitas. Asalkan mobil yang dibeli bebas dari bekas banjir dan kecelakaan, serta dalam kualitas yang baik, mobil bekas bisa memberikan kenyamanan layaknya mobil baru,” jelas Tan.

Untuk membantu para Milenial serta masyarakat luas Indonesia memiliki mobil bekas incarannya, Carro memperkenalkan ‘Carro Certified’, sertifikasi jaminan kualitas mobil yang tidak dapat ditemukan pada dealer lain. Sertifikasi ini meliputi:

160 Titik Inspeksi: Proses inspeksi dan perbaikan dari ujung ke ujung yang unik dari Carro memanfaatkan teknologi AI eksklusif, seperti Computer Visioning dan Acoustic Engineering, untuk menemukan cacat kosmetik serta masalah mesin terkecil sekalipun.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Hillary.

Tags

Rekomendasi

Terkini

Santi Hernandez Ragukan Marc Marquez Kembali ke Honda

Minggu, 21 Desember 2025 | 20:54 WIB
X