Daihatsu Klaim Bertahan di Posisi Kedua Penjualan Mobil Nasional di Tengah Gempuran Merek Baru

Photo Author
- Kamis, 4 Desember 2025 | 23:46 WIB

VIRALNEWS.ID - Meskipun pasar otomotif Indonesia semakin ramai digempur oleh merek-merek baru, terutama dari China, Daihatsu mengklaim berhasil mempertahankan posisinya sebagai merek mobil terlaris kedua, tepat di bawah Toyota. Pencapaian ini diklaim menjadi yang ke-17 tahun berturut-turut.

Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor di Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan ritel Daihatsu (dari dealer ke konsumen) dari Januari hingga Oktober 2025 mencapai 112.530 unit. Angka ini menempatkan Daihatsu menguasai 17 persen pangsa pasar otomotif nasional.

Optimisme di Tengah Pasar yang Melambat

Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International Tbk - Daihatsu Sales Operation (AI DSO), Tri Mulyono, menyatakan optimismenya.

"Ini pencapaian 17 tahun berturut-turut. Target kami memang mempertahankan posisi dan kami optimistis bertahan hingga akhir tahun ini," ujar Tri Mulyono dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/12/2025).

Pencapaian ini dianggap positif mengingat adanya penurunan daya beli masyarakat. Data Gaikindo menunjukkan total penjualan ritel nasional pada periode Januari-Oktober 2025 tercatat 660.659 unit, turun 9,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu (731.113 unit). Penjualan Daihatsu sendiri sempat melonjak dari 11.008 unit pada Agustus 2025 menjadi 12.196 unit pada Oktober 2025.

Menurut Tri, Daihatsu tetap menjadi pilihan konsumen karena faktor keandalan mobil, layanan aftersales yang kuat, dan jaringan yang luas hingga pelosok.

Strategi Aftersales dan Jaringan Bengkel

Menanggapi penurunan daya beli, Deputy After Sales Service & Logistic Division Head PT Astra International Tbk - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Yanuar Krisna, menekankan pentingnya layanan aftersales prima.

  • Hingga Oktober 2025, Daihatsu telah memiliki 177 bengkel di seluruh Indonesia dengan 1.534 teknisi.

  • Jaringan terus diperluas hingga ke rural dan remote area untuk meningkatkan volume unit entry.

  • Pemanfaatan fasilitas outlet dan armada Daihatsu Mobile Service juga terus dilakukan.

Khusus untuk menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada 25-28 Desember 2025, Daihatsu menyiapkan 55 Bengkel Siaga di seluruh kota di Indonesia dengan penawaran spesial: diskon jasa 20%, diskon material bahan 10%, harga khusus engine booster, dan paket vitality car seharga Rp 50.000.

Kontribusi Wilayah Jawa

Optimisme Daihatsu turut didukung oleh performa di beberapa wilayah kunci di Pulau Jawa:

Wilayah Target Market Share Akhir Tahun Kontributor Utama Penjualan Catatan
Jawa Timur 14% Gran Max Pick Up (39%), Ayla, Sigra Menguatkan diskon spesial dan campaign after sales part mulai Rp 80 ribu.
Jawa Tengah, DIY, Bali Meningkat N/A Market share hingga Okt 2025 mencapai 14,9%, naik ke peringkat kedua dari sebelumnya ketiga. Disiapkan Piket Bengkel Siaga saat libur panjang.
Jawa Barat 15% Sigra, Gran Max Penjualan tidak sedalam anjloknya pasar otomotif Jabar (31%). Peningkatan signifikan pada Gran Max.

Secara keseluruhan, Daihatsu menyatakan keyakinan untuk mempertahankan posisinya di peringkat kedua penjualan otomotif nasional hingga akhir tahun 2025.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Hillary.

Tags

Rekomendasi

Terkini

MPV Terbaru Nissan Siap Meluncur di India 18 Desember

Senin, 15 Desember 2025 | 22:29 WIB
X