VIRALNEWS.ID - Bro Arie "Awan" Hermawan mendapat pengugasan baru sebagai Head of PR (Public Relation) PT Toyota Astra Motor (TAM) per 2 Januari 2024.
Sebagai "juru bicara" di perusahaan otomotif terbesar, Arie Awan sosok berusia 39 tahun yang selalu mengikuti update motorsport, terutama Toyota Gazoo Racing Indonesia, ini ditempatkan di divisi PR setelah sukses menjalankannya di hampir separoh bidang kerja di TAM.
Ayah dua putri yang masih 12 dan 8 tahun ini, sebelumnya pernah bertugas di Marketing Communication, ATL BTL, Digital, ditugaskan 1,5 tahun di Jepang, Area Sales pegang DKI Jakarta, dan sejak 2021 ngurusi elektrifikasi.
Tak heran jika saat VIRALNEWS berkesempatan makan siang bersama di sebuah mall tak jauh dari kantor TAM di bilangan Sunter Jakarta Utara baru-baru ini, Arie Awan - begitu sapaan akrabnya - langsung cas cis cus ngobrol tentang balap.
"Tujuan Toyota punya dan bergabung dengan Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI), untuk menciptakan kegembiraan (kegembiraan) bahwa kendaraan Toyota itu sangat fun to drive, sporty. Dan di sisi lain, untuk pengembangan pembalap-pembalap muda Indonesia. Kita juga pengin berkontribusi mencetak pembalap-pembalap andal,” ungkap Arie Awan.
Maka mulai 2016, Toyota mengirim pembalapnya Haridarma Manoppo dan Alinka Hardianti untuk mengikuti balapan Toyota Gazoo Racing Festival di Fuji Speedway International Jepang. Tahun berikutnya, Alinka menjadi pembalap dan pelatih Haridarma.
Pada tahun 2019, ganti Demas Agil yang balap di Toyota Gazoo Racing Festival menggunakan Toyota 86, kemudian Jordan Johan, serta akhir tahun lalu Jordan dan Amato mengikuti Grand Final Yaris Vitz Net Cup di sirkuit yang terletak di kaki gunung Fuji tersebut.
Kalau kami banyak mengirim pembalap ke luar negeri, tujuannya agar pembalap semakin semangat dan skillnya bertambah. Karena akan banyak bertemu pembalap, melatih mental dan karena balapnya melawan orang-orang luar dengan gaya dan karakter berbeda, selanjutnya.
MODEL PERAN HARIDARMA
TGRI melalui Haridarma Manoppo, lanjut Arie Awan, sudah melakukan pengembangan dan berjenjang. "Haridarma memulai balap di kelas 1500, 1600 Max hingga Fanatec GT Cup. Yang di bawahnya bisa dilihat, Haridama sudah ada levelnya. Jordan, Amato, mencerminkan ke sana," terang Arie Awan.
"Itu yang membedakan Toyota dengan brand lain. Boleh dibilang, Toyota lebih elite. Elite, itu kata kuncinya. Sudah mengikuti balap internasionalnya," beber Arie Awan.